|
Metode dan Algoritma | Belajar Logika Algoritma yuk . Anda bisa melakukan konsultasi tentang Belajar Logika Algoritma yuk melalui form di samping kanan !!!
Mari kita belajar Logika Algoritma yuk, di simak aja supaya nambah wawasan sobat...
Apa itu Algoritma...???
Algoritma adalah susunan instruksi secara bertahap dalam menyelesaikan masalah......
Selain Pengertian Algoritma, yang berhubungan dengan Algoritma dan pengertiannya...
- program : susunan instruksi dalam bahasa komputer tertentu untuk menyelesaikan masalah
- pemrograman : aspek-aspek yang berhubungan dengan proses pembuatan program seperti metode, bahasa, tahap pembuatan
- flowchart : suatu bagan terurut (berupa simbol-simbol) untuk menggambarkan alur yang terjadi pada suatu proses
- pseudocode : banyak dipakai untuk mewakili urut-urutan proses dari program; pseudo berarti imitasi dan code dihubungkan dg instruksi yang ditulis dalam bahasa komputer
- bhs komputer : suatu bahasa yg digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan komputer yg memiliki kode-kode tertentu
- variabel : suatu lokasi memori untuk menyimpan data yang akan diolah (nilainyatersebut tidak tetap / berubah sesuai proses yang dikenai terhadapnya)
- Jenis-jenis bahasa pemrograman:
Berdasarkan level bahasa high level (Pascal, Basic)
- middle level ( C )
- low level (Assembly)
- Berdasarkan orientasi orientasi prosedur (procedural oriented)
- orientasi fungsi (functional oriented)
- orientasi logika (logic oriented)
- orientasi obyek (object oriented)
Pada umumnya, lembaga pendidikan memilih paradigma pemrograman berorientasi prosedur sehingga paradigma pertama untuk mahasiswa, karena paradigma tersebut sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
Langkah-langkah sistematis dalam menyelesaikan masalah dengan bahasa pemrograman:
a. Mendefinisikan permasalahan : mengerti dg baik mengenai permasalahan apa yg ingin diselesaikan, contoh: mendefinisikan data / variabel & tipe data yang diperlukan,proses / rumus/alur penyelesaian masalah serta format output yang ingin dihasilkan.
b. Membuat rumusan: dapat disusun dalam bentuk flowchart / algoritma / pseudocode
c. Implementasi : mengimplementasikan flowchart/algoritma yang telah dibuat ke dalam bahasa pemrograman tertentu atau tepatnya tahap ini adalah tahap penulisan program
d. Menguji coba & dokumentasi program: menguji program tsb apakah telah berjalan sesuai tujuannya, bila belum berhasil maka perlu dikaji lagi rumusan flowchart yang telah dibuat dan lakukan perbaikan program; langkah berikutnya adalah mendokumentasikan program yg telah dirancang, meliputi :
- catatan tentang tujuan program
- data yg dipergunakan dlm program
- logika yang digunakan
- bentuk input/output
- listing program lengkap
- serta cara menggunakan program
Flowchart, Algoritma & Pseudocode; ketiganya merupakan alat bantu yang berguna untuk mempersiapkan alur program yang rumit.
Flowchart (bagan alir) adalah suatu bagan yang menggambarkan arus logika dari data yang akan diproses dalam suatu program dari awal sampai akhir.
Flowchart terdiri dari symbol-simbol yang mewakili fungsi-fungsi langkah program dan garis alir (flowlines) yang menunjukkan urutan dari simbol-simbol yang akan dikerjakan.
Berikut ini simbol-simbol flowchart menurut ANSI (American National Standard Institute):
- Terminal = menunjukkan awal dan akhir dari program
- Preparation = memberikan nilai awal pada suatu variable atau counter
- Input / output = masukan atau keluaran / proses cetak
- Processing = pengolahan aritmatika dan pemindahan data
- Decision = operasi perbandingan logika
- Predefined = proses yang detilnya dijelaskan secara terpisah, misalnya dlm bentuk sub routine
- On Page Connector = menunjukkan hubungan arus proses yang terputus masih dalam halaman yang sama
- Off Page Connector = menunjukkan hubungan arus proses yang terputus tapi dalam halaman yang berbeda
- Flowlines = urutan dari symbol-simbol yang dikerjakan
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.
Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma, langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.
Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma, langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.
Itulah kira-kira pengertian dan pembahasan mengenai Logika Algoritma, jika ada yang kurang jelas bisa tanya dengan cara memberi komentarnya ya...
ActionScript AS3 ASP.NET AJAX C / C++ C# Clipper COBOL ColdFusion DataFlex Delphi Emacs Lisp Fortran FoxPro Java J2ME JavaScript JScript Lingo MATLAB Perl PHP PostScript Python SQL VBScript Visual Basic 6.0 Visual Basic .NET Flash MySQL Oracle Android
Related Post :
Judul: Belajar Logika Algoritma yuk
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh hank2
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh hank2
Anda sedang membaca artikel tentang
Belajar Logika Algoritma yuk, Semoga artikel tentang Belajar Logika Algoritma yuk ini sangat bermanfaat bagi teman-teman semua, jangan lupa untuk mengunjungi lagi melalui link
Belajar Logika Algoritma yuk.